Begini Kendala XL Menggelar Jaringan 5G di Indonesia

Begini Kendala XL Menggelar Jaringan 5G di Indonesia - Hallo sahabat Cakrawala, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Begini Kendala XL Menggelar Jaringan 5G di Indonesia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Suara.com, Artikel Terbaru, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Begini Kendala XL Menggelar Jaringan 5G di Indonesia
link : Begini Kendala XL Menggelar Jaringan 5G di Indonesia

Baca juga


Begini Kendala XL Menggelar Jaringan 5G di Indonesia

Suara.com – XL menyatakan sudah mulai melakukan pengujian jaringan telekomunikasi generasi kelima atau 5G. Akan tetapi, implementasinya masih membutuhkan proses.

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya menjelaskan bahwa untuk membangun jaringan 5G di Indonesia memerlukan banyak persiapan, salah satunya spektrum.

Untuk urusan spektrum, Kementerian Komunikasi dan informatika (Kominfo) sebenarnya sudah menyiapkan uji coba teknis pada beberapa frekuensi seperti 2,6 Ghz dan 3,5 Ghz untuk jaringan 5G.

Ketika spektrum sudah terbenahi, Yessie melanjutkan bahwa kendala yang harus mereka hadapi adalah infrastruktur 5G yang seharusnya dijadikan sebagai alat vital negara.

“Nah kuncinya apabila spektrum dan infrastrukturnya sudah dibenahi. Seberapa cepat? Kalau sudah dipenuhi seperti ayam dan telur. Jadi yang mungkin tidak dipikirkan akan keluar,” kata Yessie di Jakarta Selatan, Senin (2/12/2019).

Oleh karena itu, ia menilai bahwa sebaiknya pemerintah dan operator saling bersinergi untuk menyiapkan infrastruktur, jangan sampai yang dilakukan hanya menunggu sampai ada bisnisnya.

Uji coba XL 5G ketiga di Jakarta, Rabu (21/8/2019). [Suara.com/Lintang Siltya Utami]
Uji coba XL 5G ketiga di Jakarta, Rabu (21/8/2019). [Suara.com/Lintang Siltya Utami]

“Kalau kita tunggu bisnisnya keluar ya pasti ketinggalan,” imbuh Yessie.

Untuk mempercepat pengembangan infrastruktur jaringan 5G, salah satu model bisnis yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan infrastuktur sharing.

“Kalau untuk frekuensi di 2,8 Ghz hanya untuk kapasitas ya, coverage pasti harus 3,5 GHz atau di bawah itu. Tapi bagaimana caranya, Indonesia kalau dari Sabang sampai Merauke kalau nggak pakai satelit susah. Tapi pasti ada caranya,” tandasnya.



https://media.suara.com/pictures/653×366/2019/08/06/96183-bts-xl-axiata.jpg

Sumber: https://dnetwork.site/begini-kendala-xl-menggelar-jaringan-5g-di-indonesia/


Demikianlah Artikel Begini Kendala XL Menggelar Jaringan 5G di Indonesia

Sekianlah artikel Begini Kendala XL Menggelar Jaringan 5G di Indonesia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Begini Kendala XL Menggelar Jaringan 5G di Indonesia dengan alamat link https://www.cakrawala.my.id/2019/12/begini-kendala-xl-menggelar-jaringan-5g.html

Subscribe to receive free email updates: