Curhat Kartika Nugmalia Mengasuh Tiga Anak Berkebutuhan Khusus

Curhat Kartika Nugmalia Mengasuh Tiga Anak Berkebutuhan Khusus - Hallo sahabat Cakrawala, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Curhat Kartika Nugmalia Mengasuh Tiga Anak Berkebutuhan Khusus, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tempo, Artikel Terbaru, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Curhat Kartika Nugmalia Mengasuh Tiga Anak Berkebutuhan Khusus
link : Curhat Kartika Nugmalia Mengasuh Tiga Anak Berkebutuhan Khusus

Baca juga


Curhat Kartika Nugmalia Mengasuh Tiga Anak Berkebutuhan Khusus

featured image

CANTIKA.COM, Jakarta – Memiliki buah hati, bagi semua orang tua di dunia, mendatangkan kebahagiaan dalam hidup. Begitu juga dengan Kartika Nugmalia. Namun, tiga sumber kebahagiaannya terlahir sebagai anak berkebutuhan khusus.

Putra pertamanya,  Shoji, 8, diagnosis ADD dengan dyspraxia. Putra kedua, Rey, 6,  mengidap ADHD dengan dyspraxia. Sementara putri bungsunya, Aisha, 4, mengalami cerebral Palsy, CMV, microcephaly, dysfagia, west syndrome, cortical visual impairment, dan enchepalomalacia lobus parietal bilateral.

Kondisi tersebut membuat tumbuh kembang anak-anak Kartika berbeda. Setiap hari mereka membutuhkan perhatian khusus. Penyangkalan pun pernah singgah di hatinya. 

“Saya rasa semua orang tua pasti ingin punya anak normal dan sehat. Di awal sempat menyangkal tapi ya tidak akan mengubah juga,” kata Kartika.

Akhirnya ia mulai cari-cari informasi dari Internet, meminta pada dokter spesialis yang mumpuni dan menemukan sahabat seperjuangan yang saling menyemangati dan memotivasi. Lambat laun, ia pun bisa menerima kondisi ketiga anaknya. 

Sedari awal membangun keluarga, Kartika dan suami memiliki komitmen yang kuat di awal pernikahan. Satu suara, satu hati, saling terbuka dan saling mendukung adalah salah satu kekuatan terbesar saat mengetahui ketiga buah hati tumbuh dengan kebutuhan khusus. Selain suami, dukungan keluarga adalah motivasi hidup dalam dirinya.

“Keluarga besar, Alhamdulillah juga menerima kondisi Shoji, Rey, dan Aisha, begitu juga sahabat sahabat kami selain teman di media sosial pun memberikan dukungan dari komentar yang menyemangati saat kami berbagi cerita tentang anak-anak,” ujar ia.

Sebenarnya perkembangan anak pertama Kartika, Shoji, layaknya balita-balita normal lainnya hingga usia 17 bulan. Dia mampu mengucap kata seperti ‘cicak, tutup, ayah’. Namun saat usianya menginjak 18 bulan, semakin sulit untuk menyebutkan kata-kata tersebut, Shoji lebih banyak berkomunikasi menggunakan gerak tubuh.

“Hingga usia kurang dari 4,5 tahun, kemampuan bicaranya masih terbatas seperti anak usia 1,5 tahun. Shoji mulai dapat merangkai kalimat sederhana di usia 6 tahun,” Kartika menjelaskan.

Sumber: https://dnetwork.site/curhat-kartika-nugmalia-mengasuh-tiga-anak-berkebutuhan-khusus/


Demikianlah Artikel Curhat Kartika Nugmalia Mengasuh Tiga Anak Berkebutuhan Khusus

Sekianlah artikel Curhat Kartika Nugmalia Mengasuh Tiga Anak Berkebutuhan Khusus kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Curhat Kartika Nugmalia Mengasuh Tiga Anak Berkebutuhan Khusus dengan alamat link https://www.cakrawala.my.id/2019/12/curhat-kartika-nugmalia-mengasuh-tiga.html

Subscribe to receive free email updates: