Diduga Mata-Mata, Google dan Apple Kompak Hapus Aplikasi ToTok

Diduga Mata-Mata, Google dan Apple Kompak Hapus Aplikasi ToTok - Hallo sahabat Cakrawala, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Diduga Mata-Mata, Google dan Apple Kompak Hapus Aplikasi ToTok, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Suara.com, Artikel Terbaru, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Diduga Mata-Mata, Google dan Apple Kompak Hapus Aplikasi ToTok
link : Diduga Mata-Mata, Google dan Apple Kompak Hapus Aplikasi ToTok

Baca juga


Diduga Mata-Mata, Google dan Apple Kompak Hapus Aplikasi ToTok

Suara.com – Apple dan Google menghapus sebuah aplikasi pengiriman pesan instan bernama ToTok, yang yang diduga merupakan aplikasi mata-mata milik Uni Emirat Arab (UEA).

Sebagaimana dikutip dari laman The New York Times, Rabu (25/12/2019), ToTok sebenarnya baru diluncurkan beberapa bulan lalu. Tapi dalam waktu singkat, popularitasnya meroket.

Sebelum dihapus dari Play Store dan App Store, aplikasi ToTok tercatat sudah diunduh jutaan kali oleh para pengguna perangkat mobile di seluruh dunia.

Di balik deskripsi formalnya sebagai aplikasi pesan instan layaknya WhatsApp, ToTok dituding sebagai alat mata-mata massal, yang bisa memantau semua percakapan, pergerakan, hubungan, gambar, suara, dan berbagai hal lain dari penggunanya.

Sebelum menyebar ke seluruh dunia, ToTok pada awalnya digunakan oleh orang-orang yang mayoritas tinggal di UEA. Namun belakangan, masyarakat di Amerika Serikat mulai menggunakannya.

Berdasarkan analisis dan wawancara dengan sejumlah ahli keamanan komputer, The New York Times menyebut perusahaan di balik ToTok, Breej Holding, sebagai nama samaran dari DarkMatter, sebuah perusahaan intelijen siber yang berbasis di Abu Dhabi.

Ilustrasi bendera Uni Emirate Arab. [Shutterstock]
Ilustrasi bendera Uni Emirate Arab. [Shutterstock]

DarkMatter dikenal sebagai perusahaan yang mempekerjakan sejumlah agen intelijen UEA, mantan pegawai NSA, dan juga veteran agen intelijen Israel.

Meski sudah menghapus aplikasi ini, Apple dan Google tidak menyebutkan maupun memberikan pernyataan resmi terkait masalah ini.

Sikap yang sama juga ditunjukkan Breej Holding yang tetap bungkam meski aplikasi buatannya telah hilang dari toko aplikasi Google dan Apple.



https://media.suara.com/pictures/653×366/2016/12/13/o_1b3sas2ah1q75qjsmm8frc1gbra.jpg

Sumber: https://dnetwork.site/diduga-mata-mata-google-dan-apple-kompak-hapus-aplikasi-totok/


Demikianlah Artikel Diduga Mata-Mata, Google dan Apple Kompak Hapus Aplikasi ToTok

Sekianlah artikel Diduga Mata-Mata, Google dan Apple Kompak Hapus Aplikasi ToTok kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Diduga Mata-Mata, Google dan Apple Kompak Hapus Aplikasi ToTok dengan alamat link https://www.cakrawala.my.id/2019/12/diduga-mata-mata-google-dan-apple.html

Subscribe to receive free email updates: