HEADLINE: Harley Davidson dan Brompton Selundupan di Pesawat Garuda Indonesia, Pecat Dirut Sudah Cukup?

HEADLINE: Harley Davidson dan Brompton Selundupan di Pesawat Garuda Indonesia, Pecat Dirut Sudah Cukup? - Hallo sahabat Cakrawala, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul HEADLINE: Harley Davidson dan Brompton Selundupan di Pesawat Garuda Indonesia, Pecat Dirut Sudah Cukup?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Liputan 6, Artikel Terbaru, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : HEADLINE: Harley Davidson dan Brompton Selundupan di Pesawat Garuda Indonesia, Pecat Dirut Sudah Cukup?
link : HEADLINE: Harley Davidson dan Brompton Selundupan di Pesawat Garuda Indonesia, Pecat Dirut Sudah Cukup?

Baca juga


HEADLINE: Harley Davidson dan Brompton Selundupan di Pesawat Garuda Indonesia, Pecat Dirut Sudah Cukup?

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Ashkara telah terbukti sebagai pemilik komponen motor Harley Davidson seharga Rp 800 juta yang diangkut pesawat Garuda tipe Airbus 330-900.

Tentu, sesuai dengan peraturan hukum, Garuda Indonesia harus mendapatkan sanksi yang sesuai seperti pidana. Menurut Pengamat Penerbangan Gatot Raharjo, pembelian motor itu sendiri sebenarnya mungkin saja legal.

“Biasanya pembeliannya dari luar negeri, mungkin sah dan legal, pas dibawa ke Indonesia harusnya di-declare ke Bea Cukai, tapi sampai di sana nggak di-declare, pesawat baru itu biasanya langsung masuk hanggar kan, sehingga ada celah,” ujar Gatot kepada Liputan6.com.

Karena merasa ada celah, akhirnya barang diangkut. Dengan begitu, hal ini dapat dikatakan sebagai penyelundupan.

Gatot melanjutkan, ada 2 pihak yang pantas dikenakan sanksi atas insiden ini, yaitu pemilik barang dan maskapai yang mengangkut.

 

Anggota Komisi VI Achmad Baidowi‎ meminta pemerintah untuk menjatuhkan sanksi berat atas terkuaknya penyelundupan Harley Davidson dan Sepeda Brompton menggunakan Pesawat Garuda Indonesia.

Penyalahgunaan kewenangan jabatan oleh Ari Askhara sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia untuk menyelundupkan komponen Harley Davidson dan Sepeda Brompton, merupakan contoh nyata dari perilaku buruk direksi BUMN‎.

“Ari Askhara menggunakan fasilitas BUMN merupakan contoh nyata dari perilaku buruk direksi BUMN dalam menggunakan kewenangan dan fasilitas negara yang mereka miliki untuk kepentingan pribadi,” kata Baidowi, kepada Liputan6.com.

Menurut Baidowi, Ari Askhara‎ tidak hanya melakukan pelanggaran moral, sehingga tidak cukup hanya diberikan sanksi dengan pencopotan dari jabatan Direktur Utama Garuda Indonesia. Hal ini harus ditundaklanjuti dengan proses hukum.

“Jika terbukti, juga pelanggaran hukum kebeacukaian yang harus ditindaklanjuti pada proses hukum selanjutnya, termasuk juga melanggar ketentuan penerbangan,” tutur dia.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengakui jika akan memberlakukan denda kepada Garuda Indonesia terkait modus penyelundupan komponen motor gede Harley Davidson dan sepeda Brompton.

Kemarin, pihaknya sudah melayangkan surat denda kepada Garuda Indonesia. “Ini karena spesial dan melenceng dari regulasi, seharusnya barang yang dibawa dicatat tapi tidak dicatat, maka Garuda akan didenda. Hari ini kami kirim surat dendanya,” ujar Budi Karya.

Sementara untuk besaran denda, Menhub menyatakan hal tersebut akan diatur Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud). Ditjen Hubud sendiri juga telah mengumumkan akan mengenakan sanksi berupa denda ke Garuda Indonesia.

Untuk mengatasi kasus-kasus serupa, Menhub menyatakan akan bekerja sama dengan Bea dan Cukai Kementerian Keuangan.

Hingga tulisan ini diturunkan, Ari Askhara tidak memberikan respon saat dimintakan tanggapan masalah yang sedang membelit dirinya.

 

 

Sumber: https://dnetwork.site/headline-harley-davidson-dan-brompton-selundupan-di-pesawat-garuda-indonesia-pecat-dirut-sudah-cukup/


Demikianlah Artikel HEADLINE: Harley Davidson dan Brompton Selundupan di Pesawat Garuda Indonesia, Pecat Dirut Sudah Cukup?

Sekianlah artikel HEADLINE: Harley Davidson dan Brompton Selundupan di Pesawat Garuda Indonesia, Pecat Dirut Sudah Cukup? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel HEADLINE: Harley Davidson dan Brompton Selundupan di Pesawat Garuda Indonesia, Pecat Dirut Sudah Cukup? dengan alamat link https://www.cakrawala.my.id/2019/12/headline-harley-davidson-dan-brompton.html

Subscribe to receive free email updates: