Vaksinasi HPV Jadi Program Nasional, Kasus Kanker Serviks Turun

Vaksinasi HPV Jadi Program Nasional, Kasus Kanker Serviks Turun - Hallo sahabat Cakrawala, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Vaksinasi HPV Jadi Program Nasional, Kasus Kanker Serviks Turun, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Liputan 6, Artikel Terbaru, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Vaksinasi HPV Jadi Program Nasional, Kasus Kanker Serviks Turun
link : Vaksinasi HPV Jadi Program Nasional, Kasus Kanker Serviks Turun

Baca juga


Vaksinasi HPV Jadi Program Nasional, Kasus Kanker Serviks Turun

Dalam pemberian dosis, vaksin HPV mengklasifikasikan nya berdasarkan umur. Dua dosis diindikasikan untuk perempuan dan laki-laki umur sembilan sampai 13 tahun, sedangkan pada usia 14 ke atas diberikan dalam tiga dosis. Vaksin ini terbukti aman dan efektif dalam melindungi empat tipe HVP seperti tipe 6, 11, 16, dan 18.

“Jarak dosis vaksin kedua maksimal diberikan satu tahun setelah dosis pertama,” kata Andrijono.

Namun, mengetahui perlu adanya vaksin lanjutan, Ketua Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia (HOGI), Andrijono, memaparkan bahwa sekitar 120.000 anak perempuan terancam tidak mendapat vaksinasi HPV lanjutan.

Dia mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan kajian ilmiah terkait hal ini, serta upaya yang bisa dilakukan agar program vaksinasi HPV bisa kembali berjalan.

Awalnya, pada 2016, program ini dimulai dengan uji coba di Jakarta dan selanjutnya mulai dilakukan di beberapa daerah lain. Pada 2018 saja misalnya, program ini telah dilakukan di Yogyakarta Kabupaten Bantul dan Kulon Progo, Surabaya, Makassar, dan Manado.

Dari kejadian tersebut, Aryanthi berharap vaksinasi HPV ini dapat menjadi program nasional paling jitu untuk menurunkan angka kanker serviks di Indonesia.

“Semoga pemerintah segera melaksanakan program ini di bulan Desember, agar di kemudian hari kasus kanker serviks bisa turun dan biaya BPJS Kesehatan juga lebih rendah,”  harapnya.

 

Penulis: Lorenza Ferary

Sumber: https://dnetwork.site/vaksinasi-hpv-jadi-program-nasional-kasus-kanker-serviks-turun/


Demikianlah Artikel Vaksinasi HPV Jadi Program Nasional, Kasus Kanker Serviks Turun

Sekianlah artikel Vaksinasi HPV Jadi Program Nasional, Kasus Kanker Serviks Turun kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Vaksinasi HPV Jadi Program Nasional, Kasus Kanker Serviks Turun dengan alamat link https://www.cakrawala.my.id/2019/12/vaksinasi-hpv-jadi-program-nasional.html

Subscribe to receive free email updates: